Komunikasi Produktif hari ke 7: Drama minum obat

Masih tentang perjuangan proses Aisyah minum obat. Bagaimana membuat anak berusia kurang dari 2 tahun ini bisa mengerti bahwa dia perlu minum obat dan bisa dengan sukarela minum obat tanpa drama rasa takut.

Berkaca pada drama heboh yang terjadi sebelumnya, maka hari ini mencoba terus memberikan afirmasi positif tentang minum obat di saat-saat dia dalam keadaan rilex, misalnya saat dia bermain atau saat sedang menyusu.

"Aisyah, nanti mau minum obat ya, biar Aisyah sembuh".
"Kalau sembuh, nanti bisa jalan-jalan lagi naik motor sama Ayah"
"Aisyah kemarin hebat lho, mau minum obat!" saya sampaikan dengan nada seriang mungkin dengan bahasa tubuh yang menunjukkan betapa saya bahagia dan bangga dia mau minum obat.

Dan, tibalah  saatnya harus minum obat. Ketika melihat saya mulai menyiapkan keperluan minum obat, Aisyah sudah merasa insecure atau tidak aman. Aisyah berusaha mengalihkan dengan minta keluar atau meminta menyusu. Tapi, saya mencoba tidak menanggapi dan tetap menyiapkan obat untuk Aisyah. 

"Aisyah, yuk minum ini, enak lho,, ada madunya!"
"Waah, Aisyah hebat yaa mau minum obat, mau ya minum obat."

Saya terus membujuk supaya dia mau minum obat. Tapi, tetap dia menolak. Tapi kali ini tidak seheboh sebelumnya. Cukup dengan dipangku oleh ayahnya, tanpa harus di"rejeng", saya berhasil meminumkan obatnya. Tapi tetap dalam kondisi Aisyah juga menangis.

Setelah setelah. Kami memberikan apresiasi dan rasa terimakasih karena Aisyah sudah mau minum obat. Kami berusaha menunjukkan bahwa kami menyukai karena sudah mau minum obat. Kami berusaha menumbuhkan pride dalam dirinya karena telah berhasil minum obat. Semoga dengan ini selanjutnya akan menjadi lebih mudah lagi.

Meskipun belum sepenuhnya berhasil membuat Aisyah tidak takut minum obat, tetapi kami percaya bahwa dengan terus memberikan afirmasi positif dan apresiasi, lama kelamaan akan menghilangkan trauma dan rasa takutnya. Terbukti dari reaksi Aisyah yang tidak seheboh hari sebelumnya.

Tantangan kali ini tetap sama seperti hari sebelumnya yaitu bagaimana meyakinkan Aisyah bahwa minum obat bukan kegiatan yang perlu ditakutkan.

Rencana selanjutnya, kami akan terus melanjutnya memberikan sugesti berupa kalimat-kalimat positif tentang minum obat.

Berapa bintang kami hari ini?? 🌟🌟🌟 Untuk, kami, orang tua yang tetap semangat berusaha dan Aisyah yang sudah berjuang hari ini.

Terimakasih sudah menemani kami berproses ya kesayangan, semoga Mama dan Ayah akan semakin baik untuk bisa berkomunikasi denganmu ya Nak.. 😘😘😘



 

No comments