Bermain 'Petik Buah Apel, yuk!'



Kali ini, seperti biasa terinspirasi dari hasil scroll scroll medsos mainan diy untuk anak, mainan yang dibuat adalah pohon buah apel (apel atau tomat ya? 😂) dari kardus. Buahnya bisa diambil dan dipasang lagi dari pohonnya. Jadilah saya beri judul "bermain petik buah, yuk".



Rencana ini sebenarnya sih sudah sekitar 2 minggu lalu. Tapi baru sempat (bangkit dari malas 😂) bebikinannya. Cara membuatnya gampang banget. Bahannya dari kardus bekas yang agak tebal ya dan kertas origami warna warni untuk warna pohonnya. Tinggal kita buat pola pohon di kardus trus dilubangi bentuk bulat untuk buahnya. Kertas warna tinggal ditempel aja untuk memberi warna pada pohon dan buah.

Ekspektasi ketika bebikinan sih, yaa kurang lebih terjadi scene berikut:

*Ibu menunjukkan mainan pohon*
I = Aisyah, lihat ini pohon apel. Wah, apelnya banyak ya. Yuk kita petik buahnya
*Aisyah melihat dengan antusias dan memetik semua buah*
I = waah, aisyah hebat yaa bisa petik semua buahnya. Eh kita coba pasang lagi yuk buahnya dipohon
*Aisyah memasang kembali buah buah itu sampai selasai. Ibu dan Aisyah sorak sorak bahagia*

Jeng.. jeng.. jeng.. tibalah ketika saya coba kasi lihat ke Aisyah. Apa yang terjadi? Aisyah ngelirik sebentar tanpa memegang dan kemudian berlalu ngambil mainan yang lain. Wkwkwk. Inhale.. exhale.. ga apa apa.. namanya anak anak yaa kaan.. haha. Kemudian seperti biasa suara ayah terdengar "mamah pantang menyerah". Dalam hati masih tetap kekeh *masa sih aisyah ga tertarik sama sekali sama mainan buatan aku??*

Beberapa jam setelahnya, ba'da maghrib coba ah dikasi lihat lagi dengan pakai skenario sesuai hayalan tadi plus bumbunya. Dan, yehaaa berhasiiill.. asyeek asyeek.. Aisyah mau metik buahnya dan pasang buahnya lagi. Bahagiaa bangett rasanya. Dan ga lupa juga langsung bilang ke ayahnya "ayah, foto ini. Aisyah lagi mau mainin, biar bisa diupload haha"



Aisyah mau cabut pasang buahnya komplit ya cuma sekali ini doang. Setelahnya, paling cuma dicabutin aja trus ditinggal atau dipasang sebiji dua biji trus ditinggal. Atau dia malah sibuk nyabutin kertas warnanya. Wkwkw. Ya, namanya bayik ya buibuu.. yang penting dia mau main aja meski sekali udah bikin kita heppiii.. dan emaknya tetep pantang menyerah membuat kreasi mainan di rumah 💪💪💪

Oh iya, hampir aja kelupaan, mainan simple ini juga punya manfaat ya buibu diantaranya melatih fokus mata dan tangan anak (memasukkan buah tepat dilubangnya), melatih motorik halus, dan mengenal warna dan bentuk. Selain itu bisa juga untuk mengenalkan pada anak tentang tanaman dan buah adalah ciptaan Allah.


Setelah bermain petik buah dari kardus. Next semoga wabah virus corona ini cepat berakhir jadi bisa ajak Aisyah petik buah apel yang sesungguhnya.. 🤲🤲. Jaga imun dan iman ya..

No comments