Zona 8. Semua Anak Adalah Bintang. Hari ke-8.

Hari ke delapan.

"Mama, Aisyah mau main donat-donat." pekik Aisyah pagi hari. Namanya anak, bahkan bangun tidur belum mandi yang terpikir adalah main. Benar adanya ya dunia anak dari bangun tidur dan tidur lagi adalah 'Main'.

Mainan donat ini adalah sebuah permainan dari kayu dengan empat geometri, yaitu persegi, segitiga, lingkaran dan persegi panjang, dimana di dalamnya ada lubang-lubang sesuai dengan bentuknya (persegi-4 lubang, segitiga-3 lubang, persegi panjang-2 lubang, dan lingkaran-1 lubang. Semua kayu-kayu ini akan dipasang pada batang-batang sesuai dengan jumlahnya. Sejak usia 1 th, Aisyah sudah saya kenalkan permainan ini, mulai dari cuma diobservasi tidak bisa memasang sampai akhirnya bisa pasang sendiri, kemudian sekarang juga sudah bisa berimajinasi dengan mainan kayu ini. InshaaAllah banyak manfaat dari permainan ini ya (harganya juga terjangkau, hihihi), seperti menstimulasi motorik  halus, pengenalan dasar matematika (geometri dan jumlah), juga menstimulasi imajinasi dan fokus anak. Alhamdulillah.

Saat ini, setelah memasang kayu-kayunya, Aisyah berinisiatif untuk menyusun secara vertikal kayu-kayu ini. Dengan susunan kayu persegi panjang di bagian bawah dan kayu persegi di bagian atas. Kata Aisyah "es kim" (baca: es krim). Hihihihi. Setelah menyusun kemudian tersenggol dan roboh, lalu mencoba beberapa kali dan roboh lagi, Aisyah menyerah dan mengakhiri bermain ini, wkwkwk. Sing sabar yo Nduk, 😆. 

Permainan selanjutnya yang Aisyah pilih adalah "Zukini". Permainan ini adalah memasang puzzle sayuran dari kardus yang pernah saya buat beberapa waktu lalu. Aisyah yang menyebutnya Zukini. Zukini adalah nama salah satu sayuran. Entah kenapa, mungkin karena namanya unik jadi melekat sekali nama zukini ini. Ada 16 jenis sayuran yang bisa Aisyah kenal dari permainan ini. Alhamdulillah, setelah beberapa kali bermain, sekarang pun sudah hafal meski belum semua dia pernah makan, hihi. Setelah 1 lap bongkar pasang, dia berganti kegiatan lain. Lumayan lho bermain ini juga sebagai latihan meningkatkan rentang fokus anak, hihihi.

Kegiatan selanjutnya adalah sorting warna. Kali ini, saya menyediakan worksheet yang berisi gambar-gambar benda dengan aneka warna. Gambar-gambar ini kemudian saya gunting, lalu seperti biasa Aisyah menempel dan mengelompokkan sesuai dengan warnanya. Yeey, dengan sekali-dua kali bantuan, Aisyah bisa menyelesaikannya dengan baik. Alhamdulillah.

Hari ini lumayan produktif yaa,, ada peningkatan jumlah variasi kegiatan baru bagi Aisyah selain aktivitas rutin bermain lego dan rumah-rumahan, wkwkwk. Bismillah, mudah-mudahan bisa terus semangat menghadirkan aneka aktivitas setiap hari untuk Aisyah. Terlebih, aktivitas yang membuatnya berbinar  dan bahagia.




No comments