Zona 8. Semua Anak Adalah Bintang. Hari ke-10. Kertas Misteri

Hari ke sepuluh.

Hari ini, sudah H-3 bulan Ramadhan. Saya mengajak Aisyah untuk membuat hiasan ramadhan di rumah. Kami membuat lentera yang ditempel di atap. Karena aktivitas ini menggunting pola dan menempel yang butuh ketelitian dan kesabaran ekstra, jadi kali ini Aisyah lebih banyak mengamati. Tidak apa-apa, yang terpenting Aisyah ikut merasakan nuansa kami menyambut ramadhan di rumah dengan suka cita. "Ramadhan tiba.. ramadhan tiba.." seru Aisyah beberapa kali sambil bernyanyi mengiringi aktivitas pagi ini. 

Setelah selesai bermain di luar dan mandi pagi, saya mengajak Aisyah bermain bersama batang-batang warna-warninya. Jika sebelumnya dia sudah berhasil sorting warna dengan batang-batang ini, maka selanjutnya saya mengajak Aisyah untuk menghitung batang sebagai stimulasi matemarik konkret. Belajar hitung Aisyah masih sampai 3. Agar tidak bosan, maka saya kemas kegiatan ini sebagai permainan "kertas misteri". Saya bungkus batang dengan kertas, lalu Aisyah akan membukanya dan kami menghitung bersama-sama ada berapa jumlah batangnya. Setelah itu, Aisyah meletakkan masing-masing batang sesuai dengan warnanya. Aisyah terlihat berbinar dan senang bermain ini. Meskipun Aisyah sudah hafal dan bisa menyebutkan angka 1-10 dengan urut tapi dalam menghitung masih perlu bantuan. 

Permainan sederhana ini, inshaaAllah banyak manfaatnya ya. Bermain sorting warna dan menghitung bagus untuk stimulasi matematika konkret untuk anak usia dini. Bermain membuka kertas bisa untuk stimulasi motorik halusnya. 

Siangnya, Aisyah bermain bersama dua saudara sepupunya. Kebetulan sedang bermain di rumah. Saya mengajak mereka bermain kereta-keretaan. Mereka berbaris dan saling  memegang pundak atau pinggang, lalu berjalan sambil bernyanyi naik kereta api. Aisyah berada di paling belakang. Aisyah mau ikut hanya sebentar, wkwkkw. Setelah itu tidak ingin lagi masuk rombongan. hihihihi. Kegiatan bermain bersama teman sebaya (saudara atau tetangga) sedikit demi sedikit akan melatih anak untuk bersosialisasi. Tapi, kalau saya pribadi berusaha untuk tidak memaksakan, senyamannya anak. Karena memang usianya yang masih egosentris, kegiatan bermain bersama ini saat ini sebagai pengenalan Aisyah untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain.

Alhamdulillah, terimakasih telah bermain dengan bahagia hari ini ya Aisyah! Semoga sedikit demi sedikit, mama bisa membuat bintang yang ada dalam dirimu bersinar!




No comments