Zona 8. Semua Anak Adalah Bintang. Hari ke-4. Bermain Playdough

Hari ke tiga.

"Mama, mau main peyedoh (baca: play dough)" kata Aisyah di siang menjelang sore hari. Sebenarnya memang beberapa hari kemarin dia sudah meminta bermain playdough, cuma entah karena apa akhirnya belum jadi membuat playdough. Dan, baiklah, hari ini kita akan membuat homemade playdough.

Untuk bermain Aisyah, playdough biasanya saya buat sendiri di rumah. Dari beberapa resep yang beredar di jagad dunia maya, resep satu ini saya yang paling cocok, karena tidak ribet dan lumayan awet atau tahan lama.

Bahan-bahan untuk membuat playdough yang saya gunakan adalah: tepung terigu, air (bisa hangat bisa dingin, saya pernah mencoba dua-duanya dan tidak berefek pada hasil adonan), garam, minyak dan pewarna makanan. 

Cara membuatnya: Semua bahan dicampur menjadi satu dan diaduk rata. Oh iya, untuk takarannya kira-kira saja sampai sekiranya adonan tidak terlalu lembek dan kaku untuk dibentuk-bentuk. Kalau saya biasanya, membuat adonan playdough tanpa pewarna dulu, baru kemudian saya bagi-bagi adonan dan diberi pewarna makanan sesuai dengan request Aisyah ingin warna apa.

Itulah playdough ala-ala Mama Aisyah yang suka tidak mau ribet, wkwkwk. Homemade playdough ini cukup tahan lama ya, disimpan di kamar seminggu lebih masih oke adonannya tidak basi, bahkan kalau dari salah satu literatur, jika disimpan di lemari kulkas bisa tahan sampai sebulan, tapi saya belum pernah coba menyimpan di kulkas. Biasanya setelah seminggu saya buang, dan kalau Aisyah ingin bermain lagi, saya membuat adonan baru lagi. 

Daan,, karena memang keinginannya sendiri bermain playdough, Aisyah sangat senang dan anteng main playdough. Playdoughnya digunting, dipotong, dibentuk bulat-bulat, dibentuk jadi es krim, atau hanya sekedar diremas-remas. Aisyah sangat menikmati, meski dia belum bisa membuat bentuk macam-macam dari playdough.

Alhamdulillah, bermain playdough ini banyak sekali manfaatnya untuk anak ya bunda, melatih motorik halus, melatih imajinasi dan kreativitas, juga menstimulasi sensorik anak. Mainan sederhana dan hemat tapi manfaatnya bagus untuk tumbuh kembang anak.

Lalu, bermain apa lagi ya hari ini? hmm.. tidak banyak aktivitas hari ini, karena dari pagi sampai siang, Aisyah ikut menemani eyang dan akung jalan-jalan keliling bekasi diajak Om Cupi, kakak ayah Aisyah. Aisyah ikut ke tempat jual bunga tapi karena saat itu dia sudah mengantuk jadi cuma digendong dan tidak bisa eksplor aneka bunga.

Alhamdulillah untuk hari ini, semoga Allah selalu memberi kemudahan dan petunjukNya dalam membersamai tumbuh kembang Aisyah. Semoga selalu bertumbuh dengan bahagia, ya Nak.. 




No comments