Zona 8. Semua Anak Adalah Bintang. Hari ke-9. Bermain Eva Mat seru juga lho!

Hari ke sembilan.

Sudah lama juga rasa-rasanya Aisyah tidak bermain khusus yang berkaitan dengan motorik kasarnya. Ya, paling aktivitas sehari-hari berlari-larian dan lelumpatan di halaman.

Hari ini, mendadak keidean untuk mengajak Aisyah mencoba untuk berjalan mengikuti jalur. Udah bisa belum ya? Sempat bingung juga buat jalurnya pake tali? atau pake lakban? hmm.. lalu melihat setumpuk eva mat di laci mainan Aisyah. Yahaa,, pakai evamat sajalah. Lumayan, pura-puranya evamat itu jembatan yang harus dilalui Aisyah. wkwkk

Kemudiann saya menyusun evamat menjadi jalur dengan beberapa belokan. Di bagian 'start' saya letakkan kepingan mainan 'donat-donatan' Aisyah, kemudian dibagian finish saya letakkan pasangan batang kayunya. Aisyah akan melewati jembatan evamat untuk memasa ngkan si 'donat-donat' ini. Pertama, saya memberi contoh dulu agar Aisyah ada bayangan dan mau mencoba. Aisyah bilang "Mau coba!" Yes. Pertama mencoba, dia masih perlu dituntun untuk mengikuti jalurnya. Tapi kemudian bisa mencoba sendiri tanpa bantuan, tapi kudu diingetin buat tetap jalan di jembatan, kalau tidak, dia akan menerobos keluar jalur, haha. 

Karena ada beberapa kepingan dengan jumlah 16 yang harus dipasang, artinya perlu 16 bolak balik. wkwk. Iseng banget, ngerjain bocah. Khawatir Aisyah bosan, jadi saya coba untuk mengubah jalurnya, menjadi ada beberapa lubang dimana dia harus lompat. Eh, makin ngerjain. wkwkw. Tak apa-apa yaa, bagus banget kan ini untuk stimulasi motorik kasarnya Aisyah. hehehe. Alhamdulillah, Aisyah berhasil memasang semua kepingan 'donat-donat' ke tempatnya masing-masing, meski dengan beberapa kali dia menerobos jembatan lewat jalan pintas. wkwkkwk.

Selanjutnya, seperti biasa jika bermain evamat ini, Aisyah pasti ingin dibuatkan rumah-rumah yang dia bisa masuk didalamnya. Sebenarnya bukan berbentuk rumah yang gimana-gimana, hanya bentuk kotak aja dimana Aisyah bisa masuk ke dalamnya. Di salah satu sisinya, bisa dibuka tutup sebagai pintunya. Ini disebut Aisyah sebagai rumah. Simpel, tapi bisa membuat Aisyah bahagia. Kali ini, Aisyah ingin ikut membantu menyusunnya!

Wah, puzzle evamat dirumah yang biasanya dipakai sebagai alas anak bermain, ternyata bisa dimanfaatkan menjadi permainan-permainan menarik seperti di atas ya Bunda yang bisa menstimulasi perkembangan anak. 



No comments