Zona 8. Semua Anak Adalah Bintang. Hari ke-5. Penguin Kapas

Hari kelima.

Aisyah sedang suka sekali dengan penguin. Kalau lihat gambar penguin dia langsung excited. Pernah beberapa waktu yang lalu, Aisyah saya ajak bermain menempel bulu-bulu penguin dengan kapas. Jadi, saya cetak gambar penguin, dan Aisyah menempel kapas di badannya juga mata dan paruhnya. Dia senang sekali karena melihat gambar penguin. Hihihi.

Di saat saya memberikan worksheet aktivitas gunting dan  menempel lainnya. Yang dia tanyakan pertama kali melihat kertas-kertas adalah "Mama, itu penguin ya?" tapi sayang saat itu sayang sedang tidak menyiapkan worksheet penguinnya.

"Aisyah, mau main tempel penguin pake kapas, ngga?"

"Mauu,, ayoo!" jawab Aisyah dengan mata berbinar. Waah,, senang sekali ketika ajakan kita disambut dengan bahagia. Aisyah kemudian mengelem gambar penguin, kemudian mencabut-cabut kapas dan menempelkannya di badan penguin. Untuk kali ini, Aisyah lebih baik melalukannya dibandingkan ketika pertama kali dikenalkan. Dia juga bisa menempel mata dan mulut penguin di posisi yang lebih tepat. MasyaaAllah, tabarakallah..

Hmm.. apa saja ya manfaat kegiatan ini? Kegiatan mengelem bisa menstimulasi motorik halus (menggemgam dan menggoreskan lem) dan sensory (merasakan lengket-lengketnya lem, hihi), menempelkan kapas juga menstimulasi sensory anak dengan merasakan tekstur kapas yang lembut dan kegiatan menempel kapas, mata dan paruh penguin bisa menstimulasi motorik halus, imajinasi dan konsentrasi anak. Eh, ditambah lagi bonus belajar menggunting, karena Aisyah lihat mamanya gunting-gunting jadi ingin ikutan. Alhamdulillah,,

Aisyah terlihat sangat senang dengan permainan ini, terbukti dengan beberapa kali dia berucap "Aisyah senang!" Duh, lelah-lelah pada rontok semua deh ini, Nak.. Doain Mama yaa Nduk, semoga bisa terus semangat dan istiqomah untuk memfasilitasi kamu dengan permainan-permainan yang menyenangkan dan kaya manfaat.

Aktivitas Aisyah yang lain hari ini, seperti biasa pengulangan Bermain Rumah-rumahan dan berpura-pura, bermain lego dan balok, menggambar dan  mewarnai, dan membaca buku. Semoga aktivitas hari ini barokah dan bermanfaat untuk tumbuh kembang kamu ya, Nak..






No comments