Zona 8. Semua Anak Adalah Bintang. Hari ke-1

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Hwaaaa.. sampai juga di zona terakhir di Pantai Bentang Petualang Bunda Sayang. Di Zona terakhir ini, materinya sungguh wow "Semua Anak Adalah Bintang". Di zona ini, saya seolah diajak untuk mengenal anak lebih dalam. Berikhtyar untuk mengetahui apa yang membuat dia antuasias dan apa yang tidak. Hingga akhirnya bisa membantu anak untuk menemukan apa kekuatannya. 

Belajar dari pengalaman saya yang.. mmm.. bahkan hingga saat ini, di usia yang sudah lebih dari seperempat abad, belum sepenuhnya yakin dengan kekuatan yang dimiliki. Semoga Allah mampukan untuk membersamai anak sehingga dia bisa mengenali diri dan menemukan kekuataannya. 

Bagaimana caranya??

Dengan mengamati keseharian anak serta mengenalkan dan melibatkan anak dengan aneka aktivitas. Kemudian secara rutin mencatat respon anak dari segala aktivitas yang dilaluinya. Dari sini, kita bisa melihat aktivitas apa yang membuatnya 4E (enjoy, easy, excellent, dan earn). Aktivitas-aktivitas inilah yang kita perbanyak. Daan, sungguh ini bukanlah perjalanan yang singkat tapi akan berlanjut terus dalam fase kehidupan anak. Bismillah, semoga Allah mampukan kita ya..

Di hari pertama ini, kami diajak untuk membuat profil unik anak. Hmm.. bahkan saya membuat profil unik ini juga mikir keras, wkwkwk. Dan, lahirlah profil ini untuk Aisyah si Aktif yang selalu ingin tahu. 


Selanjutnya adalah mengobservasi aktivitas harian Aisyah. Dan, inilah aktivitas Aisyah hari ini..

Aisyah, ternyata cukup banyak kegiatan yang membuatmu bahagia ya Nak.. seperti biasanya kamu selalu antusias dan ingin mencoba setiap aktivitas. 

Satu kejadian unik hari ini, ketika sesi mewarnai dengan menggunakan pensil warna. Saya menggambar seekor kupu-kupu dan Aisyah yang mewarnai. Tapi, belum selesai mewarnai, Aisyah malah fokus pada pensil warna dan menyusun pensil warnanya. Aisyah menumpuk ke atas, menyusun membentuk kotak dan segitiga. wkwkkw. MasyaaAllah Nak, selalu ada saja idemu yaa.. Oiya sebuah pencapaian Aisyah hari ini, dia berhasil menggambar tangan dengan cara menggoreskan pensil warna mengikuti jari-jari. hihihi. Yeeeayy.. Good job my Baby.

Semoga Allah selalu membimbing dan memampukan Mama ya Nak untuk membersamai tumbuh dan berkembang dan menemukan sinar bintangmu.



 

No comments