Gaya Belajar Anak dan Stimulasi Kreatifitas. Hari ke-2. Bermain Playdough, Bentuk Apa Ini?

Hari ini, awalnya bingung mau bermain apa dengan Aisyah agar tercapai ICAN-nya. Kemudian, Aisyah tiba-tiba mengambil homemade playdough yang kemarin saya buat. Saya lihat teksturnya sudah mulai kering, karena saya lupa tidak menutup wadah playdough setelah Aisyah bermaian kemarin. Saya coba memberi sedikit air dan menguleni sebentar. Saya coba cek dari aromanya masih aman dan belum ada tanda-tanda basi. Alhamdulillah, playdough aman dan siap dimainkan oleh Aisyah.

Awalnya, Aisyah lebih banyak bermain sensori, seperti merasakan teksturnya, meremas-remas, menekan, membentuk bulat-bulat, dan mencubit-cubit playdough-nya. Kemudian, saya sediakan pisau dan beberapa cetakan geometri miliknya. Aisyah tampak antusias. Dia mulai eksplorasi kembali. Aisyah meminta saya membentuk seperti kue, kemudian dia berusaha memotong dengan pisaunya. "Mama, mau beli apa?" Ohh.. dia sedang berimajinasi jualan kue, sepertinya. 

Saya membuat bentuk bulat pipih agak lebar, dan bulat-bulat kecil. Saya sampaikan, jika itu adalah pizza dan bulat-bulatan itu adalah toping untuk pizza. Saya memberikan contoh menata toping di atas pizza. Aisyah kemudian menirunya. Tapi, kemudian dia mencari sesuatu. "Mama, mana bumbu?" Saya ambilkan botol kecil bekas. Aisyah lalu beraksi seolah menaburkan bumbu di pizza tersebut. 

Dengan cetakan geometri, Aisyah mencoba mencetak playdough menjadi bentuk bermacam-macam. Saya kemudian, menanyakan kepada Aisyah 'Bentuk apa ini?' Saya akan memberi tahu untuk bentuk-bentuk yang dia belum hafal, seperti pentagon dan hexagon. Aisyah juga mengambil beberapa mainan-mainannya dan ditempelkan di playdough, dan terlihat bekas seperti cetakan. Dia, senang mengesplorasi ini dan mengulang beberapa kali. 

Beberapa menit kemudian, kakak-kakak sepupu Aisyah datang dan ikut bermain playdough. Aisyah belajar untuk berbagi mainan dan bermain bersama kakak-kakak sepupu Aisyah.

Alhamdulillah, ternyata anak bisa berekplorasi dan berimajinasi banyak hal dengan permainan playdough sederhana ini. Dan, tentu saja, Tujuan belajar ICAN inshaaAllah tetap bisa terpenuhi ya.. 

Apa saja itu?

1. Intellectual Curiousity : Aisyah mengingat dan belajar lagi beberapa bentuk-bentuk geometri.

2. Creative Imagination : Aisyah berekplorasi dan berimajinasi dengan playdough untuk mencetak aneka bentuk, membuat kue, membuat pizza, memberi topping pizza dan bumbu.

3. Art of Discovery and Invention : Aisyah berfikir dan belajar bagaimana membuat aneka macam bentuk dengan cetakan-cetakan geometry yang ada. Selain itu, memanfaatkan mainan-mainan yang lain juga untuk dicetak di playdough.

4. Nobel Attitude : Kebetulan kakak-kakak sepupu Aisyah datang, sehingga Aisyah juga belajar bermain bersama/bersosialisasi dan berbagi mainannya dengan tidak rebutan. Saya juga mengajak Aisyah untuk membereskan mainannya setelah bermain, tapi belum berhasil karena keburu rewel ingin menyusu.

Itulah kegiatan dan belajar Aisyah hari ini dengan homemade playdough. Alhamdulillah, Aisyah belajar dan bermain dengan bahagia. Selanjutnya, semoga bisa bereksplorasi lebih banyak lagi.





No comments