Gaya Belajar Anak dan Stimulasi Kreativitas. Hari ke-1. Bermain Beras

"Mama, main beras-beras yuk!"
"Baiklah, ayo!"

Bermain beras adalah salah satu permainan yang Aisyah cukup senang dan dimainkan beberapa kali. Yang dia lakukan biasanya menggenggam beras, menabur-nabur, merasakan tekstur beras dan menuang beras. Untuk kali ini saya mencoba memberi beberapa perlengkapan main, seperti mainan gelas, panci, kompor serta orang-orangan lego. Saya ingin mengamati kira-kira apa ya yang Aisyah lakukan dengan peralatan yang ada.

Dengan beberapa gelas mainan dan sendok, Aisyah menyendoki beras dan menuangkan ke beberapa gelas, serta menuang beras dari gelas satu ke yang lain. Aisyah cukup khusyuk melakukan ini, seperti berhati-hati agar tidak tumpah.

"Aisyah ini ada kompor, enaknya ngapain ya?"
Aisyah kemudian meletakkan panci berisi beras ke atas kompor.. Sepertinya dia tahu maksud saya untuk bermain masak-masakan. 

Lalu giliran orang-orangan lego, apa yang dia lakukan? Oh, ternyata Aisyah memasukkan lego ke dalam beras, ditimbun sampai tidak kelihatan. Kemudian dia berusaha kembali menemukan lego yang tertimbun dalam beras. Wah, ternyata sedang bermain menyembunyikan sesuatu ya, Nak. Sesekali Aisyah juga bilang bahwa orang-orangannya sedang mandi. 

Setelah selesai, saya mengajak Aisyah untuk membereskan mainan beras bersama-sama. Tapi, karena masih cukup susah bagi Aisyah untuk membereskan beras-beras yang berserakan di lantai, maka Aisyah membantu membereskan peralatan-peralatan mainan yang digunakan.

Alhamdulillah, dengan permainan sederhana ini, 4 tujuan belajar inshaaAllah bisa dicapai ya,.

1. Intellectual curiusity
Aisyah belajar tentang beras, sebagai bahan dari nasi yang biasa dimakan. Mengenal tekstur beras yang kecil-kecil

2. Creative Imagination
Aisyah bisa bereksplorasi bebas permainan apa yang bisa dilakukan. Dengan menyertakan beberapa mainan pendukung juga menstimulasi Aisyah untuk menemukan ide bermainnya, seperti menuang ke dalam gelas, masak-masakan dan menyembunyikan benda.

3. Art of Discovery and Invention
Aisyah belajar menyendok dan menuang benda padat. Dan memindahkan beras dari satu tempat ke tempat lain. Serta kegiatan berfikir untuk menemukan ide bermain dari mainan mainan pendukung yang tersedia

4. Noble Attitude
Aisyah belajar berhati-hati ketika menuang beras dan membereskan mainan setelah bermain. Bersyukur atas karunia Allah, berupa beras yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi makanan.

Refleksi
Alhamdulillah, Aisyah cukup antusias bermain beras hari ini, dan inshaaAllah ke empat tujuan belajar tersebut tercapai. Selain itu, juga baik untuk stimulasi perkembangan sensori dan motorik halusnya. 





No comments