Cerdas Emosional dan Spiritual. Hari ke-12. Mengupas Bawang

Bersama Aisyah yang masih belum genap 2 tahun, biasanya untuk bisa beraktivitas di dapur dengan tenang harus menunggu Aisyah sedang tidur pulas atau ketika ayahnya membantu untuk menemani Aisyah bermain. 

Untuk kali, Aisyah akan menjadi sahabat mama untuk berkegiatan di dapur. Aisyah akan menemani saya untuk mengupas bawang.

RENCANA

Waktu    : Pkl. 10.00 - selesai
Tempat  : Di dapur
Alat dan bahan disiapkan langung saat kegiatan.

Kali ini adalah kegiatan berdua saya dan Aisyah, sedangkan ayahnya sedang sibuk ber-work from home ria.

AKTUAL DAN HAMBATAN

"Aisyah, yuk temani mama kupas bawang. Nanti Aisyah potong bawang pakai pisau Aisyah." Saya mengajak Aisyah mengupas bawang dengan membawa pisau mainannya. Aisyah paling senang sekali dengan pisau mainannya apalagi jika ada aktivitas yang bisa dilakukan dengan pisau ini.

Sebenarnya Aisyah tidak mengupas bawang, hanya ikut-ikutan saja. Tetap saya yang mengupas bawang. Nah, biasanya bawang merah ada dua butir bawang yang bergandengan. Untuk bawang-bawang yang seperti ini yang kemudian saya meminta Aisyah untuk memotong dengan pisaunya. Meskipun sederhana, tapi Aisyah sangat senang karena seolah-olah merasa sudah memotong bawang. Jika, sudah habis bawang yang bisa dipotongnya, dia sibuk  meminta bawang yang bergandengan yang bisa dipotong. Dan, saya pun setiap mengupas akan mencari-cari bawang yang bergandeng-gandeng untuk dikupas.

Hambatannya, tidak ada hambatan yang cukup berarti, hanya saja bawang merah yang bergandeng-gandeng tidak banyak jumlahnya, dan lama-kelamaan habis juga. Jadi, belum selesai mengupas semua bawang, Aisyah sudah bosan karena sudah tidak ada lagi bawang merah yang bisa dipotongnya.

REFLEKSI

Alhamdulillah, Aisyah sangat antusias ikut menemani saya mengupas bawang. Aisyah senang sekali bisa memotong bawang merah dengan pisau mainannya. Alhamdulillah, tidak hanya sebagai wahana permainan Aisyah tapi juga bisa melatih fokus dan motorik halusnya. Tapi, yang terpenting adalah Aisyah sudah menjadi sahabat terbaik mama hari ini, menemani mama mengupas bawang dengan bahagia.


No comments