Cerdas Emosional dan Spiritual. Hari ke-9. Membaca Buku "Nabi Sayang Binatang"

Setelah kemarin membersamai Aisyah memberi makan kucing, hari ini untuk lebih menekankan pesan menyayangi binatang, maka saya berencana mengajak Aisyah membaca buku tentang menyayangi binatang, yang berjudul "Nabi Sayang Binatang". 

Kenapa buku berjudul "Nabi Sayang Binatang"? Karena saya sekalian ingin mengenalkan rasulullah, dan menyayangi binatang ini adalah juga salah satu sifat yang kita teladani dari rasulullah.

RENCANA
Saya menyiapkan buku berjudul "Nabi Sayang Binatang" dan memastikan bukunya tidak terselip sehingga tidak perlu mencari-cari ketika membacakan bukunya nanti.
Project kali ini akan dilakukan berdua saja, saya dan Aisyah, karena ayah sedang ada banyak kerjaan jadi harus berduaan dulu dengan laptop kesayangan.

AKTUAL DAN HAMBATAN
"Aisyah, kita baca buku yuuk!" Saya mengajak Aisyah sambil membawakan buku berjudul 'Nabi sayang binatang'.
"Eong.. eong.." Ucap Aisyah. Aisyah sebenarnya sudah tahu buku ini. Dan, kebetulan salah satu kisah di buku ini yang paling diingat Aisyah adalah kisah kucing yang kelaparan. 

Saya pun membacakan kisah di buku itu. Ketika sampai di cerita kucing yang lapar, saya mengingatkan Aisyah pengalaman kemarin. Dan, Alhamdulillah Aisyah ingat. Dan saya berlanjut menanyakan beberapa hal tentang kegiatan kemarin untuk memastikan bahwa Aisyah benar-benar mengingat bahwa dia pun sudah memberi makan kucing sama seperti kisah di buku yang dibacanya. Tak ketinggalan, saya juga menekankan bahwa apa yang dilakukan kami kemarin juga sama seperti yang rasulullah lakukan, yaitu mencintai binatang.

Alhamdulillah Aisyah juga antusias membaca bukunya. Aisyah bahkan meniru gerakan kucing yang lemas dan terguling karena lapar. Aisyah juga mengikuti membaca buku sampai selesai satu buku tanpa sibuk mencari buku yang lain. 

Kalau hambatan kali ini, sepertinya tidak ada. Kegiatan membaca berjalan dengan lancar. 

REFLEKSI
Alhamdulillah, dari kisah ini, semoga Aisyah semakin mengenal diri Rasulullah dan salah satu sifat Rasulullah yaitu menyayangi binatang. Juga, semoga melekat dalam benaknya bahwa apa yang dilakukan kemarin (memberi makan kucing) adalah juga meneladani apa yang Rasulullah lakukan. 

Hari ini, meskipun saya sudah pernah membacakan kisah di buku ini, Aisyah tetap bersabar untuk menyimak saya membacakan bukunya sampai selesai. Mungkin, karena kami sambil me-review pengalaman sebelumnya yang sudah dilakukan, jadi lebih menarik.

💕💕💕💕💕💕💕💕💕💕💕💕💕💕

Prosentase antusiasme kali ini adalah 100%

💕💕💕💕💕💕💕💕💕💕💕💕💕💕

No comments