Cerdas Emosional dan Spiritual. Hari ke-13. Bermain Memindahkan Air

Family Project kali ini adalah kegiatan yang sangat Aisyah sukai, atau sepertinya hampir semua anak-anak pasti suka sih ya. Apalagi kalau bukan yang berhubungan dengan air. Sebagai sahabat yang baik, maka saya ingin memfasilitasi Aisyah untuk bermain air dengan bahagia.

Apakah permainannya? Aisyah akan memindahkan air dari satu ember ke ember yang lain dengan menggunakan gelas. Jadi, tidak hanya bermain air ya, inshaaAllah ada manfaat bagi perkembangan Aisyah juga.

RENCANA

Waktu : Pagi hari sebelum mandi
Tempat : Di halaman rumah
Perlengkapan : Ember dan gelas

Pada Family Project kali ini, Ayah Aisyah ikut serta. Jadi, alhamdulillah ada sie dokumentasi alias tukang foto untuk kegiatan kali ini.

AKTUAL DAN HAMBATAN

Seperti biasa Aisyah sangat antusias dan semangat ketika saya ajak bermain di halaman. Apalagi, ketika saya sampaikan bahwa kami akan bermain memindahkan air. Matanya berbinar-binar ketika saya menyebutkan kata 'air'.

Saya menyiapkan dua buah ember, yang satu berisi air dan yang satunya kosong. Kedua ember ini saya letakkan berhadapan dan berjarak yang tidak terlalu dekat. Kemudian, saya menunjukkan kepada Aisyah bagaimana cara bermainnya. Saya menyiduk air di salah satu ember dengan gelas kemudian saya pindahkan ke ember satunya yang kosong. Aisyah menyimak dan sepertinya tertarik. Aisyah berjalan ke arah saya dan mengambil gelasnya. Aisyah kemudian melakukan sama persis apa yang saya lakukan. MashaaAllah.

Aisyah fokus berkali-kali bolak balik dari satu ember ke ember yang lain dan tidak terlihat bosan. Hingga kemudian air di salah satu ember sudah hampir habis. Aisyah tampak kesusahan mengambil airnya. Saya mengatakan kepada Aisyah untuk berganti menyiduk airnya di ember satunya yang sekarang penuh air. Tapi, sepertinya, karena di awal dicontohkan tidak mengambil air dari ember yang satunya, maka Aisyah tetap tidak mau berpindah. Baru kemudian ketika dicontohkan lagi berganti arah memindahkan airnya, Aisyah baru bisa mengikuti arahannya.

Selanjutnya setelah bosan, Aisyah berlanjut bermain mengaduk aduk air dan bermain air dengan bebas. Senangnya..


REFLEKSI

Alhamdulillah, karena memang bermain air adalah kesukaan Aisyah, maka Aisyah sangat bahagia dengan kegiatan bermain kali ini. Bermain memindahkan air ini juga memiliki banyak manfaat bagi perkembangan Aisyah lho. Diantaranya, Aisyah belajar mengenal konsep perpindahan dan belajar fokus melihat contoh kemudian meniru yang dilakukan sesuai dengan contoh. Selain itu, juga melatih motorik halus dan kasarnya. 

Di permainan ini, saya juga melihat bahwa ternyata Aisyah mampu mengikuti contoh dan patuh pada contoh. Ketika diberikan instruksi untuk mengubah polanya, maka dia masih susah untuk bisa mengikuti. Tapi ketika diberikan contoh konkritnya, maka Aisyah mampu menirunya. MashaaAllah.

Sekali lagi, alhamdulillah.. kami bahagia!

Dan, prosentase antusiasme Aisyah dalam family project kali ini adalah 100% 💕💕




No comments