Melatih Kemandirian Hari ke-6: Aku bisa makan sendiri!

Hari ini, Aisyah selain meneruskan latihannya untuk merapikan mainan sendiri, Aisyah juga akan belajar untuk makan sendiri. Sebenarnya, Aisyah sudah cukup sering untuk meminta menyuap sendiri ketika makan. Tapi, penyikapan saya masih tergantung bagaimana mood saya. Jika mood saya sedang baik, maka saya akan tenang dan bahagia memberikan kesempatan kepada Aisyah untuk makan sendiri. Tapi, kalau mood saya kurang bagus, akan terbayang bagaimana repotnya membereskan tumpahan nasi di lantai dan dibajunya. Saya pun memilih untuk menyuapi Aisyah, biar tidak repot. Jangan ditiru ya.

Kali ini, saya rasa momennya pas. Ada tantangan 15 hari melatih kemandirian, dan pas juga Aisyah sedang ingin mencoba semuanya sendiri. Jadi, tidak ada salahnya sekalian mencoba untuk konsisten melatih Aisyah makan sendiri di usianya yang belum genap 2 tahun ini. Beberapa poin yang ingin saya latih dalam proses makan ini adalah makan sesuai dengan adab, yaitu berdoa sebelum dan sesudah makan, duduk tenang ketika makan dan makan menggunakan tangan kanan. Ini adalah hal yang penting untuk dibiasakan sejak dini. Selain melatih kemandirian, mengajak anak untuk makan sendiri sejak dini juga melatih motorik anak dan koordinasi gerak tangan dan otak. InshaaAllah manfaatnya sangat banyak ya.

Hari ini saya memulai di siang hari saat makan siang. Saya memberikan satu piring yang berisi nasi, sayur dan lauk (telur ceplok). Salah satu strategi saya untuk mengajak Aisyah makan sendiri adalah dengan menawarkan. 
"Aisyah mau coba sendokin makannya sendiri?"
"Mauuu" 
Cara ini cukup efektif, mengingat Aisyah saat ini memang sedang ingin banyak mencoba melakukan sesuatu sendiri. Dengan senang hati ajakan saya akan disambutnya. 

Makanan yang disentuh oleh Aisyah adalah sayur dan telur. Aisyah memang akan memakan apa yang disukainya terlebih dahulu baru kemudian makanan yang lain. Tapi, kali ini terlihat Aisyah nampak enggan menyentuh nasinya sama sekali. Lalu saya mencoba membentuk nasinya menjadi bola-bola nasi agar Aisyah semangat mau memakannya dan lebih mudah untuk diambil dengan sendok. Alhamdulillah berhasil, meski tidak semua nasi dihabiskan, karena Aisyah sudah kenyang duluan. 

Alhamdulillah, hari ini Aisyah berhasil makan sendiri sampai selesai tanpa disuapi (meski tidak habis kerena sudah kenyang). Tantangan kali ini adalah Aisyah masih suka berjalan dan berlari ketika makan. Masih perlu diingatkan dan diajak duduk tenang ketika makan. Selain itu, Aisyah belum mau mengikuti untuk mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan. Tidak apa-apa.. kita akan terus berproses sama-sama ya Nak..

Bagaimana perasaan Mama dan Aisyah hari ini? Alhamdulillah.. kami melakukan ini dengan bahagia!



No comments