Melatih Kemandirian Anak. Hari ke-11. Aku Mau Pakai Baju Sendiri!

Aisyah memang sedang penuh penasaran ingin mencoba banyak hal. Tak terkecuali memakai baju sendiri. Seperti pagi ini, selesai mandi, dia sudah sibuk meminta memakai baju sendiri ketika saya sedang menyiapkan bajunya.

Awalnya sih kepikiran 'aduh ribet ah' 'pasti bakal lama' 'ngga selesai-selesai ini pakai baju' 'belum ini, belum itu'. Hufft.. Tapi, sisi kebaikan saya buru-buru mengingatkan. 'Ayo, beri dia kesempatan untuk belajar!' Dan, kebaikan selalu menang! Saya memberi kesempatan Aisyah untuk memakai bajunya sendiri. Sekalian untuk menganalisa "Apakah dia sudah mampu?", pikir saya.

Aisyah sibuk berusaha memasukkan kepala ke baju yang tak kunjung ketemu lubangnya. hihihi. lucu. Bahkan, sesekali Aisyah mencoba memakai baju melalui kakinya. Saya masih membiarkan sejauh mana dia akan terus berusaha mencoba. Sampai akhirnya..
"Mama, ini gimana?" Menyerah juga sepertinya Aisyah.
"Mau mama bantuin?"
"Iya"
Kemudian, saya ambil bajunya dan saya tunjukkan lubang baju dimana Aisyah bisa memasukkan kepalanya. Aisyah berhasil memasukkan kepalanya sendiri tetapi belum bisa memasukkan tangannya di lubang lengan baju. Selanjutnya, tangan mama-lah yang beraksi untuk memakaikan bajunya.

Terimakasih Nak, sudah ingin mencoba sendiri merasakan bagaimana memakai baju sendiri. Ternyata susah ya? Tidak apa-apa ya.. InshaaAllah seiring dengan perkembangan motorikmu yang semakin baik nanti, kamu juga pasti akan lebih mudah untuk memakai baju sendiri nanti.

No comments