Melatih Kemandirian Anak. Hari ke-13: Pilih sendiri, Yuk!

Latihan kemandirian hari ini, saya mengajak Aisyah untuk memilih sendiri semua kegiatan bermainnya dan buku-buku yang ingin dia baca. Biasanya, lebih sering saya yang memilihkan atau mengajak Aisyah, seperti "Aisyah, kita main lego yuk" "Aisyah, kita main balok yuk" atau saya yang mengambilkan buku dan mengajaknya membaca bersama. 

Hari ini, saya ingin mengajak Aisyah merasakan untuk bisa memilih sendiri mainan apa yang ingin dimainkan.
"Aisyah sekarang mau main apa?"
"Main legoo"
"Oke, yuk kita main legoo. Aisyah ambil legonya ya"
Aisyah kemudian berjalan menuju rak mainan dan mengambil mainannya sendiri.

Atau ketika waktunya membaca buku..

"Aisyah baca buku yuk!"
"Ayok"
"Aisyah mau baca buku apa? Aisyah pilih dan ambil bukunya ya"
Aisyah langsung bergegas menuju rak buku, memilih, mengambil dan membawa bukunya ke saya untuk dibaca bersama. 

Alhamdulillah, Aisyah menikmati proses ini dengan bahagia. Kalau saya? tentu saja seperti biasa, selalu bahagia.

Memberikan kesempatan anak untuk memilih sendiri. Mungkin terlihat sederhana ya? Tapi bermanfaat bagi anak untuk belajar memilih dan membuat keputusan. Iya, anak akan belajar memilih mainan apa yang mau dimainkan diantara banyaknya mainan-mainan. Kemudian dengan memainkan mainan pilihannya anak akan belajar bertanggung jawab atas pilihannya sendiri.

Selain itu, dengan cara ini, anak tidak begitu saja mendapatkan mainan yang diinginkan. Tapi, anak harus berusaha menuju rak tempat mainan dulu dan mengambil sendiri mainannya. Baru kemudian bisa memainkannya. Anak akan belajar tentang usaha untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Kegiatan yang sederhana, tapi jika kita konsisten melatihnya, inshaaAllah akan mampu membentuk kemandirian anak, khususnya dalam membuat keputusan dan bertanggung jawab.


No comments