Melatih Kemandirian Anak. Hari ke-10. Aku Bisa Mengupas Kulit Pisang Sendiri!

"Mama mau pisang" pinta Aisyah. Pisang adalah salah satu buah kesukaan Aisyah. Jadi, hampir setiap hari di rumah selalu sedia pisang. Saya kemudian mengambilkan buah pisang, mengupas dan memberikannya kepada Aisyah. 
"Ngga mau" Ucap Aisyah menolak pisangnya.
Eh, kenapa ya? oh.. ternyata Aisyah maunya pisang yang masih lengkap dengan kulitnya. Lalu, saya ambilkan lagi pisang yang masih lengkap dengan kulitnya. 

Aisyah menerimanya dengan senang. Jari-jari kecilnya berusaha mengupas kulit pisang. Ya Allah Nak, ternyata kamu ingin mengupas kulit pisangnya sendiri ya. Baiklah, take your time, baby

Done. Aisyah berhasil mengupas kulit pisangnya! 
"Wah, Aisyah berhasil mengupas pisang! hebat!" hampir saja lupa apresiasi positif untuknya. Seperti biasa, matanya semakin berbinar bahagia setiap mendengar pujian yang ditujukan untuknya. Mumpung suasananya pas, sekalian saya ajak Aisyah membuang kulit pisangnya sendiri ke tempat sampah di dapur. 
"Yuk, kulitnya kita buang di tempat sampah yuk!"
"Ayok" 
Yes, tidak ada penolakan. Saya temani Aisyah ke dapur dan membuang sampahnya di tempat sampah. 

Alhamdulillah. Aisyah hari ini belajar mengupas pisang sendiri. Belajar bahwa ada proses dan usaha untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Juga belajar membuang sampah sendiri di tempat sampah. Salah satu life skill yang penting diajarkan sejak dini. 

Alhamdulillah, proses belajar berjalan dengan bahagia, bahkan diawali dengan permintaan Aisyah sendiri.

Terimakasih untuk hari ini Nak! Saatnya kita makan pisang! Hmm.. yummyy!!

No comments