Zona 6. Stimulasi Kecerdasan Matematika. Hari ke-8. Mengelompokkan Warna, nyatanya?

Tantangan hari ke-8, dan si emak mulai bingung, aktivitas apa lagi yaa.. wkwkwk. Padahal sebenarnya banyak juga pilihan aktivitas yang bisa dilakukan. Iya, karena banyak pilihan itu jadi bingung mau ngapain. wkwkwk.

Kebetulan sekali, sejak kemarin, Aisyah saya kenalkan dengan water beads. Kami memasukkan waterbeads ke dalam air kemudian melihatnya menjadi membesar. Awal mula, saya tertarik mengenalkan ini untuk stimulasi sensorik Aisyah untuk memperkaya pengalaman merasakan aneka bentuk dan tekstur benda. Selain itu Aisyah juga pasti juga suka untuk menyendoki, sehingga motorik halusnya pun ikut terlatih.

Melihat waterbeads ini dengan aneka warna, lalu saya pun ke-ide-an untuk mengajak Aisyah mengambil beads satu persatu dan mengelompokkan sesuai warnanya. Kebetulan sekali, Aisyah masih butuh banyak stimulasi untuk pengenalan warna.

Selama bermain, Aisyah lebih fokus untuk eksplore si beads ini. Mungkin karena teksturnya yang unik kenyal-kenyal seperti jelly jadi Aisyah suka sekali eksplore dengan tangannya. Kadang dipencet-pencetnya hingga pecah. Aisyah juga menyendoki beads dan menuangkannya ke dalam wadah, kemudian di tuang lagi ke wadah lain. 

Beberapa kali saya mencoba untuk mengajaknya mengambil beads dengan warna tertentu tapi dia tidak tertarik, wkwkwk. Akhirnya, entah setelah ajakan yang keberapa, Aisyah baru mau mengambil beads dengan warna tertentu, dan itupun hanya warna kuning saja. Iya, kuning, satu warna pertama yang dia hafal. Itu pun juga cuma sebentar. Ketika saya mengajak mengambil warna lain kemudian dikelompokkan dan diletakkan di wadah, Aisyah belum mau melakukannya. Dia, sibuk eksplore dengan caranya sendiri. Baiklah, tidak apa-apa Nak,, lain waktu kita coba lagi ya.. 

Teruslah berbinar, Nak..

Dengan caramu,,

Dengan keunikanmu,,

 

No comments