Zona 6. Stimulasi Kecerdasan Matematika. Hari ke-4. Mencocokkan Geometri dan Menghitungnya

Di hari ke empat ini, saya mengajak Aisyah untuk bermain geometri. Memasang geometri ke tempat dengan bentuk yang sama. Sambil memasang, sambil disebutkan namanya. Ada beberapa nama yang Aisyah sudah hafal, misalnya kotak, lingkaran, segitiga, love, bintang. Jadi, sekalian semakin menguatkan pemahamannya tentang bentuk.

Mainan yang dipakai adalah mainan puzzle jam Aisyah, dimana tiap angkanya berupa puzzle yang bisa dipasang dengan geometri yang berbeda beda. Sebenarnya di tiap geometrinya ada tulisan angka 1-12, tapi angka-angka ini sudah masuk ke matematika abstrak dan saat ini Aisyah masih fokus untuk matematika konkret. Jadi, belum saya kenalkan angka untuk saat ini.

Aisyah berhasil memasang dengan benar sambil menyebutkan bentuk-bentuk yang dia hafal. Kami berdua berteriak girang bersama. Sebagai apresiasi untuk Aisyah sudah menyelesaikan puzzle geometrinya. Untuk geometri yang agak rumit, seperti trapesium, pentagon, hexagon dia selalu menanyakan "ini apa, Ma?" sepertinya masih susah Aisyah hafal bentuk-bentuk ini.

Kemudian, Aisyah memegang puzzle jam itu dengan satu tangan gaya khas pramuniaga begitu, sambil berkata "Wah, kue..mama, mama mau yang apa?" Oo.. ternyata dia berimajinasi membawa sepiring berisi aneka kue. Aisyah lalu mengambil satu keping geometri dan memberikan kepada saya. Taraa.. baiklah kita sambil berhitung yaa Nak.. Kami pun sambil berhitung bersama tiap-tiap keping geometri yang Aisyah berikan.

Alhamdulillah.. hari ini sangat menyenangkan.. 🌟🌟🌟🌟🌟 untuk Aisyah dan mama!

No comments