Zona 6. Stimulasi Kecerdasan Matematika. Hari ke-10. Masuk ke Lubang Warna Apa Ya?

Masih bersama si batang kayu warna warni. Setelah kemarin seseruan mengelompokkan batang batang sesuai dengan warnanya, kali ini saya mencoba memodifikasi permainan. 

Saya menyiapkan kotak kardus bekas dan membuat beberapa lubang. Di masing-masing lubang ini, saya memberi warna merah, kuning, hijau dan biru, sesuai dengan warna batang. Bagaimana cara bermainnya? saya meminta Aisyah untuk memasukkan batang-batang tersebut ke lubang sesuai dengan warnanya. 

Bagaimana ya respon Aisyah? Pertama melihat kardus ini, Aisyah langsung tertarik. Tapi, dia memasukkan batang-batang tersebut secara acak. Meskipun saya sudah memberikan contoh untuk memasukkan sesuai dengan warnanya, tapi Aisyah sepertinya masih tahap mengamati, belum tergerak untuk melakukan yang sama. Aisyah masih menikmati cabut dan pasang secara acak.

Beberapa waktu kemudian, setelah Aisyah  bermain dengan mainan yang lain, Aisyah tiba-tiba ingin bermain si kardus dan batang-batang ini lagi. Ketika ia memegang batang berwarna merah, dia tidak langsung memasukkan ke satu lubang, dia mencari lubang dengan warna yang sama! Wah, dia sudah ngeh sepertinya dengan warna-warna kecil di lubang itu. Ketika mencari lubang dengan warna yang sesuai, Aisyah sambil menggerakkan si batang seolah sedang memutari dengan berkata "lubang yang mana ya.." hihihi. MashaaAllah Nak,, ternyata begini yaa gaya belajarmu.. akan mengamati dulu, dan ketika saatnya kamu ingin melakukan, baru akan kamu lakukan sesuai dengan pemahaman dan caramu sendiri. 

Teruslah berbinar ya Nak..
Dengan caramu..
Dengan keunikanmu..

No comments