Zona 6. Stimulasi Kecerdasan Matematika. Hari ke-6. Melompat Geometri

Permainan stimulasi Matematika kali ini adalah melompat geometri. Kegiatan ini adalah kegiatan variasi mengenal geometri, agar tidak bosan hanya menggunakan media yang itu-itu saja. Karena sebenarnya, Aisyah pun sudah sering bermain geometri.

Mengenal geometri ini cukup penting dalam konsep matematika. Karena, seperti pengalaman kita, dalam berlajar matematika akan bertemu dengan berbagai macam geometri. Memahami konsep geometri ini juga sangat bermanfaat nantinya dalam mengenal konsep ruang, dimensi dan desain. Nah, di usia dini pun anak juga sudah bisa dikenalkan dengan geometri, tentunya dengan cara yang menyenangkan, salah satunya melalui permainan satu ini.

Dalam permainan kali ini, pertama saya menyiapkan beberapa jenis geometri dari kertas. Di sini, saya hanya membuat tiga jenis yaitu lingkaran, segitiga dan kotak. Kenapa cuma tiga? iya, karena menyiapkannya bareng-bareng dengan Aisyah dan Aisyah sudah tidak sabar ingin segera bermain katanya. wkwkw. Kemudian, geometri-geometri ini ditempel ke lantai. Nah, akan lebih seru dengan mengajak anak untuk ikut menempel ya. Lalu, saya meminta Aisyah untuk melompat ke arah geometri sesuai dengan instruksi yang diberikan. Misalnya, "Ayo, lompat ke bentuk segitiga!" Dijamin seru. Hampir semua anak pasti suka diminta lompat-lompat, ya kan?

Bagi Aisyah sendiri, dia senang sekali diminta lompat-lompat. Namun, karena jangkauan lompatnya masih sangat pendek, jadi Aisyah butuh beberapa kali lompat-lompat untuk mencapai geometri yang dituju. wkwkk. Seru sekali! You must try this, Mom! Lumayan lho, dengan melompat, sekalian menstimulasi motorik kasar anak, hehe. 

Setelah lompat-lompat beberapa menit, Aisyah ternyata tertarik untuk mencabut-cabut kertas yang menempel di lantai. Baiklah, sekalian beberes ya, Nak. Oh iya, tidak hanya itu, kegiatan mencabut-cabut ini baik juga lho untuk stimulasi motorik halus dan sensorik anak. 

Duh, ini yang bikin saya senang. Melalui satu kegiatan, anak mendapatkan banyak stimulus.
Alhamdulillah.. 


No comments