Zona 6. Stimulasi Kecerdasan Matematika. Hari ke-7. Memetik Bola dan Menghitungnya

Seseruan belajar matematika kali ini adalah dengan menggunakan bola bola warna warni. Bagaimana cara dan serunya? Yukk,, kita simak!

Pertama, saya menempel double tape di lemari. Kemudian saya mengajak Aisyah untuk menempelkan bola-bola tersebut di sana. Sebagai tambahan tantangan, letak double tape bisa dibuat semakin ke atas. Sehingga, di bagian tersebut anak memasang sambil berjinjit. Aisyah senang sekali menempel-nempel bolanya. Lalu, dimana letak matematikanya? Ketika menempel bola, ajak anak sambil berhitung. Secara tidak langsung anak juga akan belajar, ketika menempel satu bola, kita sebut dengan satu, ketika menempel lagi yang kedua, disebut dengan dua, dst. Kegiatan konkret ini, jika dilakukan terus menerus, anak akan memahami  makna satu, dua, tiga, dan seterusnya.

Setelah prosesi menempel, Aisyah kemudian saya ajak untuk melepaskan bola yang sudah menempel. Agar semakin seru, saya memberikan Aisyah keranjang kecil. Jadi, seolah sedang memetik buah, hihihi. Ketika memetik sambil kita memberikan instruksi jumlah yang diambil, misalnya "tolong ambilkan 2 buah ya...". Aisyah baru mengerti sampai bilangan tiga, selebihnya random, wkwkwk. Tidak apa-apa, masih banyak waktu ya Nak, dan memang kita sedang tidak berkompetisi dengan siapa pun. 

Kegiatan mengambil bola ini, tidak hanya bisa kita selipkan kegiatan berhitung saja ya. Karena bola-bola ini menempel di double tape, maka anak akan butuh tenaga dan kekuatan tangan untuk menariknya agar terlepas. Lumayan, kegiatan ini baik untuk stimulasi sensorik anak. Lagi-lagi ada bonusnya. hehehe.

Alhamdulillah, di kegiatan stimulasi matematika ini, Aisyah memang masih tahap perkenalan dan konkret. Sehingga stimulasinya pun saya memilih tidak secara langsung, tetapi diselipkan melalui permainan-permainan yang dilakukan setiap hari. Sambil terus dipantau sejauh mana pemahamannya. 

Teruslah berbinar ya Nak,,

Dengan caramu,,

Dengan keunikanmu,,



No comments