Challenge 15 Hari. Stimulasi Literasi. Read Aloud: Hari ke-1 "Jajanan Nusantara"

Tantangan zona 5 Bentang Petualang Bunda Sayang Institut Ibu Profesional kali ini adalah tentang membentuk karakter melalui stimulus literasi. Dan, saya pun memilih Read Aloud sebagai project anak pada dunia literasi.

Fokus dalam read aloud ini adalah ingin mengamati bagaimana reaksi Aisyah saat dibacakan buku dengan read aloud. Selain itu, ingin mengetahui kemampuan literasi Aisyah, apakah dia bisa menangkap dan mengerti cerita yang sedang dibacakan.

Untuk hari pertama kali ini, saya mengajak Aisyah memilih buku yang dia suka. Dan, pilihannyan jatuh pada buku Jajanan Nusantara. Sepertinya karena Aisyah tertarik dengan cover bukunya yang menarik. Baiklah, kita akan belajar kearifan lokal dengan mengenal jajanan nusantara yaa.. biar kenalnya bukan donat saja. 

Buku ini bercerita tentang ibu dengan dua orang anaknya yang sedang berbelanja di pasar membeli aneka jajanan nusantara atau kue-kue tradisional. Melalui cerita ini, kita dikenalkan aneka jajanan nusantara. Di dalam bukunya terdapat aneka fitur seperti flip the flap. 

Bagaimana keseruan aktivitas read aloud kali ini? Bisa dilihat di cuplikan video ya.. Respon Aisyah cukup baik,, dia juga mencoba meniru mengucapkan nama makanannya dan warrna-warna 😍😍




No comments