Challenge 15 Hari Stimulasi Literasi. Read Aloud: Hari ke-6 "Aku Bisa Makan Sendiri"

Tantangan Hari Keenam

Di hari ke-enam ini, buku yang terpilih untuk dibaca adalah "Aku Bisa Makan Sendiri". Buku ini tidak bercerita tentang Sali, tokoh utama, sedang belajar makan sendiri. Tidak hanya itu, buku ini juga mengajarkan kepada anak bagaimana adab makan yang baik, seperti membaca doa sebelum makan, tidak berbicara ketika makan, tidak membuat gelembung ketika minum, dan masih banyak lagi. 

Alhamdulillah, terasa manfaatnya. Aisyah jadi mulai ingin mencoba makan sendiri. Juga ketika minum. Kadang Aisyah iseng membuat gelembung sambil minum, tapi setelah itu Aisyah seolah menasihati dirinya sendiri "minum tidak ditiup.. minum tidak ditiup" dengan nada seperti yang saya ucapkan ketika membacakan buku ini. MashaaAllah.

Dibagian akhir buku ada fitur interaktif lift the flap tentang doa sebelum makan dan sesudah makan. Aisyah tertarik dengan buka tutupnya yang bergambar proses sebelum makan dan setelah makan (makanan sudah habis). Mama sekalian menyelipkan pesan doa makan deh. 

InshaaAllah tidak ada ruginya membacakan buku kepada anak. Selain untuk menstimulasi kemampuan literasinya, buku juga menjadi salah satu cara yang sangat baik untuk mengajarkan kebaikan dan menanamkan karakter yang baik pada anak dengan cara menyenangkan. 





No comments