Challenge 15 Hari. Stimulasi Literasi. Read Aloud: Hari ke-3 "Bunda, kenapa ya?"

Tantangan Hari ke-3

Hari ini, Aisyah, saya dan Ayahnya ikut mengantar Akung berjalan-jalan keliling Bekasi. Aisyah senang sekali bisa jalan-jalan keluar rumah selain memotoran yang rutenya tidak jauh dari rumah. 

Sampai di rumah kembali setelah dzuhur dan setelah itu full Aisyah aktif bermain-main di rumah. Karena, tadi di mobil sempat tidur sebentar, jadi tidak ada tidur siang hari ini di rumah.

"Mama, baca buku Yuuk.." ajak Aisyah tiba-tiba ketika kami bermain puzzle buah bersama di kamar. 
"Aisyah mau baca buku apa?" tanya saya. Aisyah langsung sibuk ke lemari buku mencari-cari buku apa yang ingin dibaca. Daan.. Aisyah memberikan sebuah buku berjudul 'Bunda, kenapa ya?'



Karena mendadak, saya belum sempat menyiapkan ponsel untuk merekam. Nanti malam sajalah menjelang tidur, praktik read aloudnya direkam, pikir saya. Dan, saya pun mulai membacakan nyaring isi bukunya.

Buku 'Bunda, kenapa ya?' ini berisi tentang penjelasan dari pertanyaan-pertanyaan anak tentang dari mana adek bayi berasal, perbedaan laki-laki dan perempuan, kenapa kita butuh tidur, kenapa kita harus makan, dan tentang meninggal dunia. Penjelasannya juga dikaitkan dengan Allah, sehingga sesuai dengan usia Aisyah yang saat ini usia emas untuk perkembangan fitrah keimanannya. Aisyah bisa sekalian mengenal Allah melalui buku ini.

Yang menarik, di buku ada penjelasan kenapa kita harus makan. Entah kebetulan atau memang ada hubungannya, siang dan sore ini Aisyah makannya lahap setelah beberapa hari kemarin bahkan sampai tadi pagi sedang susah makan. Bisa jadi sih, karena memang sudah lapar kali ya 🤭🤭

Seperti yang saya pikirkan sebelumnya, praktik read aloud dan dokumentasinya ingin saya lakukan malam setelah maghrib, tapi ternyata Aisyah ketiduran, beberapa menit setelah adzan maghrib. Sepertinya Aisyah kelelahan setelah seharian beraktivitas dan cuma tidur sebentar di mobil. Yaaaa.. jadi hari ini gagal melakukan rekaman read aloud dengan Aisyah. 

Dari kejadian ini, saya pun mengevaluasi, sepertinya, waktu pelaksanaan project read aloud ini jangan di malam hari, bisa pagi, siang atau sore. Jadi, kalau Aisyah tidur cepat, project masih amaan.

No comments