Gaya Belajar dan Stimulasi Kreativitas. Hari ke-4. Mengenal Aneka Buah-Buahan

Alhamdulillah hari ini masih diberi nikmat kesempatan membersamai Aisyah bermain dan belajar. Kali ini, Aisyah akan belajar dan bermain mengenal aneka buah-buahan. Ada beberapa aneka buah yang Aisyah sudah tahu yang biasa dia makan, seperti melon, pepaya, pisang, apel, jeruk dan anggur. Jadi, masih ada banyak jenis-jenis buah-buahan yang belum Aisyah tahu. 

Dalam permainan kali ini, saya menyiapkan flash card jenis buah-buahan yang diprint sendiri. Ngeprint jenis buah-buah dengan kertas hvs biasa kemudian ditempel ke bekas kardus camilan. Ketika selesi mencetak gambar buah-buahan ternyata Aisyah terlanjur  melihat dan bertanya itu apa. Saya jelaskan itu gambar aneka buah dan kami akan bermain mencocokkan buah dengan media itu. Aisyah kemudian merengek meminta untuk segera memainkannya. Baiklah, akhirnya saya pun memotong kertas bergambar buah-buahan itu bersama Aisyah. Padahal rencananya ditunjukkan ke Aisyah nanti saja kalau sudah siap semuanya.

Ketika masih memotongi kertas, Aisyah juga sudah tidak sabar memainkan kertas-kertasnya. Dia juga sibuk bertanya "buah apa ini" "ini apa?" karena memang ada beberapa jenis buah yang belum pernah ditemuinya. Selah selesai semua digunting, saya memberi tahukan bagaimana cara bermainnya. Saya mencontohkan sekali bagaimana menempatkan potongan-potongan kartu buah ke gambar yang sama di lembar kertas yang lain. Aisyah mencoba memasangkan sambil bertanya nama buahnya. Dia bisa memasangkan dengan tepat, tapi belum selesai semua dipasangkan, Aisyah sudah membuat improvisasi permainan sendiri. Aisyah lebih suka memainkan kertas-kertas itu sesuai dengan kehendaknya. Sungguh ya,, hasil olah otak anak itu selalu penuh kejutan. Kita maksud  bermainnya bagaimana eh ternyata yang ada di pikiran anak ketika melihat permainan itu ternyata yang lain. Dan, saya pun tidak ingin membatasi berpikirnya, biarlah dia melakukan sesuai dengan keinginannya. Tidak apa-apa sayangkuu,, mama menghargai itu kok. Yang terpenting kamu sudah mau mencoba ya dan inshaaAllah bisa kita coba lagi lain waktu.

Aktivitas yang lain masih tentang tema buah-buahan adalah dengan  mengajak Aisyah makan buah bersama. Kali ini saya mengajak makan buah anggur, karena kebetulan adanya stok buah hanya ini, dan Aisyah juga sangat menyukainya. Kami memakan buah anggur bersama. Tak lupa saya kenalkan bagian-bagian buah yaitu daging buah, daun dan biji. Saya juga mencoba mengajak Aisyah bersyukur bahwa Allah masih memberikan nikmat rizki buah-buahan yang bisa kita nikmati hari ini. Dan, betapa Allah Maha Besar yang menciptkan aneka jenis buah-buahan yang bisa dimakan dan juga sangat baik untuk kesehatan.

Alhamdulillah, Aisyah sudah banyak belajar melalui kegiatan sederhana ini. Meski respon juga ternyata di luar ekspektasi  tapi inshaaAllah tujuan belajar ICAN juga bisa terpenuhi.

Tema Kegiatan: Mengenal aneka jenis buah-buahan
Kretifitas : Mencocokkan kartu buah dengan gambar yang sejenis, mengupas buah anggur dan mengenal bagian-bagian dari buah.

Tujuan Belajar

1. Intellectual Curiousity : Aisyah mengenal aneka jenis-jenis buahan dan mengenal bagian-bagian buah (daging, kulit dan biji)

2. Creative Imagination : Aisyah bereksplorasi bermain dengan kartu  kartu buah yang ada. Aisyah juga mengamati mama ketika membuat kartu buah sendiri

3. Art of Discovery and Invention : Aisyah mencari gambar yang cocok pada kartu dan kertas

4. Nobel Attitude : Aisyah belajar adab makan dengan berdoa sebelum makan, bersyukur kepada Allah atas nikmat rizki berupa buah anggur yang dimakan, dan mengenal Allah Yang Maha Menciptkan beraneka buah-buahan yang bermanfaat untuk manusia.

Sampai bertemu lagi di aktivitas selanjutnya!

No comments