Gaya Belajar Anak dan Stimulasi Kreativitas. Hari ke-9. Ayo menendang dan melempar bola!

Bermula dari membuka kembali buku indikator tumbuh kembang anak. Saya menemukan salah satu indikator di usia Aisyah yaitu 18-24 bulan adalah mampu menendang dan melempar bola dengan sasaran tertentu. Ah, iya.. Aisyah belum bisa melempar bola dengan benar. Kalau diminta melempar bola, bolanya dipegang rapat dan seperti takut untuk melepas bolanya untuk dilempar.

Kalau soal menendang, Aisyah memang belum pernah saya ajak bermain menendang bola dengan sasaran, hanya menendang bebas saja. Saya pun sempat berfikir apa mungkin dia kurang tertarik dengan yang berbau kinestetik yaa? Perlu terus eksplore Aisyah dengan beragam aktivitas kinestetis sehingga lebih jelas lagi kecenderungannya.

Jadi, hari ini saya pun mengajak Aisyah bermain menendang dan melempar bola dengan sasaran tertentu. Untuk menendang bola, saya membuat gawang kecil dari karpet evamat, sedangkan untuk kegiatan melempar bola saya mengajak Aisyah untuk melempar bola ke arah dinding. Sasarannya cukup ke dinding saja dulu. Untuk saat ini, Aisyah mau dan bisa melempar bola mengenai dinding saja sudah kemajuan yang sangat bagus.

Perttama, saya memberikan contoh kepada Aisyah menendang bola ke arah gawang. Ketika bola masuk saya berteriak "Goool". Aisyah pun tertarik mencoba menendang bola ke arah gawang. Dan,, masuuk.. yeyy.. saya berteriak "Gool" dan dia terlihat senang. Tapi, Aisyah hanya mau menendang tiga kali setelah itu dia malah tertarik masuk ke gawangnya dan mencoba duduk di gawangnya. Ketika saya ajak menendang lagi dia tidak mau. wkwkwk. Ga apa-apa Nak, yang penting sudah mau mencoba.

Selanjutnya, saya ajak melempar bola ke arah dinding. Sama seperti menendang, saya juga memberikan contoh terlebih dahulu kemudian mengajaknya untuk mencoba. Aisyah mencoba, tapi masih seperti sebelumnya, dia seperti takut melempar bolanya, dia pegang erat bolanya. Saya ikut memegang tangannya dan melakukan gerakan melempar tapi dia tetap tidak mau melepas bolanya. Saya memberi contoh sekali lagi, tapi Aisyah malah meniru dengan memukulkan bola ke tembok bukan melempar. Hehehe. Sepertinya memang masih takut. Saya mencoba terus memberi afirmasi positif untuk tetap mencoba melempa bola. Aisyah mencoba lagi, dia melempar tapi sepertinya dengan kekuatan yang kecil. Arah lemparan bola ke arah bawah sehingga tidak mengenai tembok dinding. Alhamdulillah, meski belum sesuai sasaran, kemauan Aisyah untuk akhirnya mau mencoba melembar bola sangat layak pula diapresiasi. Tetap semangat ya, Nak! Kita bisa coba lagi nanti ya!

Tema : Menendang dan melempar bola mengenai sasaran
Kreativitas : Menendang bola masuk ke gawang dan melempar bola ke dinding. Kegiatan ini selain untuk stimulasi kinetis anak, juga baik untuk melatih fokus serta koordinasi mata, kaki, dan pikiran.

Tujuan Belajar

1. Intellectual Curiousity : Aisyah belajar melempar dan menendang bola mengenari sasaran tertentu

2. Creative Imagination : Membuatt gawang bola dari karpet evamat serta eksporasi bebas bola dan gawang

3. Art of Discovery and Invention : Aisyah berusaha mencari cara bagaimana menendang bola agar bisa masuk ke gawang, dan bagaimana cara melempar bola mengenai sasaran

4. Nobel Attitude : Aisyah mampu mengikuti arahan mama dalam bermain.

Alhamdulillah, hari ini Aisyah bermain dan belajar dengan bahagia 😇😇



No comments