Gaya Belajar Anak dan Stimulasi Kreativitas. Hari ke-7. Membuat Trowongan.

Siang-siang begini enaknya bermain apa ya? di waktu yang cukup rawan mata mengantuk. Kalau menemani Aisyah berlarian ke sana kemari sepertinya sudah tidak sanggup. Saya memilih untuk mengajaknya beraktivitas di kamar, biar lebih santai dan kadang saya bisa sambil curi-curi kesempatan untuk leyeh-leyeh, wkwkkwk.

Di kamar, Aisyah memilih bermain dengan karpet puzzle eva mat. Seperti biasa dia meminta saya untuk membuat kotak dimana dia bisa duduk di situ. Dia berpura-pura itu adalah rumahnya atau kadang sebagai WC untuk (maaf) eek. yah, seperti itulah imajinasi anak-anak. Haha.

Tiba-tiba saya muncul ide nih, hmm..  bagaimana kalau membuat trowongan. Jadi, Aisyah pun belajar membuat aneka bentuk juga dengan puzzle karpet eva mat ini, tidak melulu menjadi rumah atau wc. Aisyah juga belajar mencari cara melewati trowongan ini. Lumayan yaa kan, melatih motorik kasar juga.. wahana bermain ala-ala gitu laah yaa..

Saya pun langsung mengeksekusi membuat trowongan. Jadi otomatis hilang ngantuknya. wkwkw. Aisyah hanya mengamati saya sedang merangkai kepingan-kepingan puzzle itu. Mungkin dia sambil bertanya-tanya 'mama lagi bikin apa ya?'

"Yeey.. Jadi! ini namanya trowongan Aisyah!" ucap saya sambil penuh bahagia selesai merangkai terowongan. Aisyah hanya diam dan melihat. Sepertinya, dia pun tidak mengerti apa itu trowongan? Aisyah bahkan mau menaiki dari atas. 

"Aisyah mau masuk" Aisyah memutari trowongannya dan sepertinya bingung kalau mau masuk dari mana? Biasanya kan kami membuat kotak yang atasnya terbuka sehingga Aisyah masuk ke dalam kotak lewat atas. Dan sekarang bagian atasnya justru tertutup. Saya kemudian meminta Aisyah berdiri di salah satu ujung sedangkan saya di ujung yang lain. Saya meminta Aisyah jongkok dan melihat ke arah ujung trowongan yang terbuka. "Baaa!" ucap saya ketika pandangan kami bertemu.

"Aisyah sini ke Mama!" saya memancing agar Aisyah memasuki trowongan dan berjalan ke ujung trowongan dimana saya duduk. Aisyah kemudian memasuki trowongan dan merangkak. Sampai di tengah, Aisyah terlihat berhenti dan ingin berdiri. Buru-buru saya sampaikan untuk tidak berdiri dan meminta dia untuk terus merangkak sampai ujung. Dan, Yes! Aisyah berhasil melewati terowongan dan sampai di ujung satunya. Aisyah ternyata sangat senang bermain ini. Dia berulang-ulang keluar masuk trowongan. Bahkan, ketika saya ajak istirahat untuk makan cemilan, dia tidak mau. hehehe. Enjoy your time, baby! Tanoshite kudasai!

Selain heppiii,, si-ICAN tujuan belajar inshaaAllah bisa terpenuhi yaa.. apa saja itu??

Tema : Membuat Trowongan dari karpet puzzle evamat
Kreativitas : Membuat trowongan dengan menggabungkan kepingan puzzle evamat menjadi trowongan dan melewati trowongan tanpa merusak evamat. Melewati trowongan evamat ini juga baik untuk menstimulasi motorik kasarnya.

Tujuan Belajar

1. Intellectual Curiousity : Aisyah melihat dan belajar membuat kreasi baru dari puzzle evamat menjadi trowongan. Mengenal trowongan yang belum pernah dikenal sebelumnya

2. Creative Imagination : Berkreasi dengan puzzle evamat membuat aneka bentuk, seperti rumah dan trowongan

3. Art of Discovery and Invention : Aisyah berusaha mencari cara bagaimana bisa memasuki trowongan dan melewatinya dengan hati-hati agar trowongan tidak rusak, mengingat evamat disenggol sedikit langsung roboh.

4. Nobel Attitude : Aisyah belajar menggunakan sesuatu dengan berhati-hati dan bersabar jika trowongan rusak dan menunggu trowongannya disusun kembali.

Alhamdulillah, Aisyah bermain dan belajar dengan bahagia 😇😇

No comments