Gaya Belajar Anak dan Stimulasi Kreativitas. Hari ke-8. Kemana Perginya Air?

Hari ini saya mengajak Aisyah mengenal spons yang bisa menyerap air melalui kegiatan bermain sederhana. Cukup dengan menggunakan gelas berisi air dan spons. Oh iya, juga alas/baki agar air tidak bercecek kemana-mana. Biasalah anak kalau sudah main air,, wkwkwk.

Aisyah sebenarnya sudah mengenal spons tapi belum secara spesifik dan jelas mengetahui sifat spons yang menyerap air. Saya menuangkan sedikit air ke baki dan meminta Aisyah untuk meletakkan sponsnya diatas sedikit genangan air dan mengusapnya. Awalnya, dia bingung, dan sibuk ingin memainkan si spons dengan caranya sendiri. Tapi setelah dibujuk rayu dia mau, dan kami melakukan bersama-sama. 

"Wah, airnya hilang, terserap spons" ucap saya. Aisyah tampak masih mengamati.

"Lihat Aisyah, sponsnya jadi basah. Coba kita peras sponsnya" saya mengajak Aisyah merasakan sisi spons yang basah dan memeras spons sama-sama sampai air keluar dari spons. Kegiatan ini juga baik untuk stimulasi motorik halus anak, yaitu memeras dengan baik yang membutuhkan energi juga. Aisyah masih terlihat mengamati karena memang belum pernah tahu hal ini sebelumnya.

Aisyah kemudian meminta gelas yang berisi air dan menuangkan sendiri ke baki, dan meniru yang baru saja kami lakukan. Mengusap usap spons di genangan air dan berusaha memeras spons hingga mengeluarkan air. Aisyah tampak asyik beberapa saat melakukan aktivitas ini.

Selanjutnya adalah bereksplorasi bebas dengan bahan-bahan ini. Ternyata, Aisyah menyusun spons dan gelas secara vertikal. Kemudian, lebih banyak bermain-main dengan airnya. Memeras spons ke gelas kemudian menumpahkannya lagi. Setelah beberapa lama bermain dan celananya pun sudah basah, saya kemudian mengajaknya sekalian mandi.

Alhamdulillah, begitulah kisah bermain dan belajar Aisyah hari ini. Yuk, kita lihat tujuan belajar yang bisa dicapai melalui kegiatan sederhana ini.

Tema : Bermain spons
Kreativitas : Menyerap air dengan spons dan memeras spons. Kegiatan ini baik juga untuk melatih konsentrasi dan motorik halus anak

Tujuan Belajar

1. Intellectual Curiousity : Aisyah belajar mengenal spons dan mengetahui sifat spons yang bisa menyerap air. Mengetahui jika spons yang basah bisa diperas dan mengeluarkan air.

2. Creative Imagination : Eksplorasi perlengkapan yang ada, spons, gelas, air dan baki. Aisyah bermain air serta menyusun gelas dan spons dalam posisi vertikal

3. Art of Discovery and Invention : Aisyah mencoba dan merasakan sendiri bagaiman spons bisa menyerap air dan air bisa keluar dari spons hanya dengan meremasnya kembali.

4. Nobel Attitude : Aisyah mampu mengikuti arahan mama dalam bermain.

Alhamdulillah, hari ini Aisyah bermain dan belajar dengan bahagia 😇😇

No comments