Gaya Belajar Anak dan Stimulasi Kreatifitas. Hari ke-3. Mengenal Aneka Tanaman

Hari ini saya mengajak Aisyah kegiatan di taman mengenal aneka jenis tanaman. Alhamdulillah, ada beraneka tanaman-tanaman di taman hasil dari eyang Aisyah yang hobi berkebun. Pertama, saya meminta Aisyah mengamati bunga apa saja yang dia lihat di taman. Kebetulan tanaman bunga telang juga sedang berbunga, jadi untuk bunga ini saya meminta Aisyah untuk memetiknya dan mengumpulkannya di wadah. Alhamdulillah Aisyah senang dan tertarik dengan aktivitas ini.

Selanjutnya saya mengenalkan nama-nama tanaman, ada bunga pukul sembilan, daun kupu-kupu, katuk, pepaya jepang, dan beberapa lagi. Aisyah juga saya minta untuk menirukan dan sesekali mengulang dengan bertanya "ini tamanan apa ya?" Ada yang Aisyah jawab, ada juga yang respon Aisyah cuek saja dan melipir pergi, wkwkwk. Untuk tanaman yang bisa dimasak dan dimakan, seperti katuk, saya sampaikan juga kalau Aisyah pun sering memakannya. Tak lupa, sambil ditekankan juga bahwa semua tanaman-tanaman itu adalah ciptaan Allah. 

Setelah puas eksplorasi tanaman, saya mengajak Aisyah membuat minuman dari bunga telang. Saya menyiapkan air panas dan Aisyah membantu saya memasukkan bunga telangnya. Di siangnya, ketika air sudah menjadi berwarna biru, saya tunjukkan ke Aisyah sambil saya ingatkan itu adalah minuman yang kami buat tadi pagi.

Kami juga membuat prakarya menempel bagian-bagian bunga ke kertas buku gambar. Saya membuat bagian-bagian bunga ini dari kertas origami. Saya mengajak Aisyah mengoleskan lem dan menempel bagian-bagiannya. Aisyah excited banget di bagian mengoles lem, karena ini memang pengalaman pertamanya. Senang sekali dia mainan lem. Pas bagian menempel bunganya, ternyata dia cukup tertarik hanya dengan melihat saya menyusunnya, tidak begitu tertarik mencobanya. Malah sibuk oles lem sana sini. hehehehe. Ngga apa-apa mama tetap mengapresiasi prosesnya kok. Semoga dengan melihat Aisyah juga bisa memahami ternyata bisa membuat bunga buatan dari kertas. 

Alhamdulillah,, melalui serangkaian kegiatan ini Aisyah juga bisa belajar banyak hal dan InshaaAllah bisa sesuai dengen tujuan belajar. Kalau pencapaian, tergantung anak masing-masing ya..

Tema Kegiatan : Mengenal Aneka Tanaman

Kreatifitas : Mengenal jenis-jenis tanaman di taman rumah, memetik bunga, memegang bagian-bagian bunga, membuat minuman dari bunga, membuat bunga dari kertas. Kegiatan ini akan melatih juga motorik halus dan kognitif anak.

1. Intellectual Curiousity : Aisyah mengenal beberapa jenis tanaman, dan mengetahui tanaman-tanaman yang juga pernah dimakannya. Aisyah mengetahui bagian-bagian tanaman (bunga, batang dan daun).

2. Creative Imagination : Aisyah bereksplorasi dengan lem untuk membuat  prakarya bunga buatan dari kertas.

3. Art of Discovery and Invention : Aisyah tahu bagaimana memetik bunga

4. Nobel Attitude : Mengenal tanaman-tanaman itu adalah Allah yang menciptakan dan mengajarkan bersyukur atas nikmat Allah sehingga kita bisa makan sayur yang lezat.

Begitulah kegiatan belajar dan bermain Aisyah hari  ini. Semoga saya semakin mengembangkan diri juga dalam menyusun rencana belajar dan bermain yang menarik. Semoga para pembaca sekalian bisa mengambil manfaat meski sedikit.


No comments